IEEE WCCI 2012: A Life Changing Experience

This slideshow requires JavaScript.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa ketertarikan saya akan  mata kuliah Artificial Intelligence (AI) saat duduk di bangku kuliah 2 tahun silam akan membawa saya menyelami dunia dimana manusia berlomba-lomba meningkatkan kecerdasan mesin.   Salah satu hal yang masih teringat dalam mata kuliah ini adalah ketika dosen saya memperkenalkan  permainan khas tradisional AI, The Monster world. Dalam permainan ini terdapat seorang penambang yang harus mengumpulkan emas, menembak monster, dan sekaligus mencari jalan keluar dari gua. Dosen kami kemudian meminta para mahasiswa untuk mencari jalan keluar yang paling efisien bagi penambang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.  Sangat menarik  bagi saya yang saat itu yang masih harus memulai dari 0 untuk memahami  sederet logika AI.

Rasa ketertarikan saya akan AI mendorong saya untuk lebih banyak mengenal dunia yang telah melahirkan ilmuwan besar seperti Alan Turing . Momen-momen ketika menyimak dosen karena rasa keingintahuan saat itu lebih besar dari keharusan memasuki kuliah, momen ketika bergegas mencari buku untuk mencari lebih banyak tentang mata kuliah ini  dilakukan tanpa keharusan untuk membacanya,  disaat itu pula saya yakin berkarya di bidang AI  adalah salah satu mimpi saya.  😀  Dealing with things that you’re truly passionate about wont make you tired after all.It’s not that you’ve to work under pressure, but it’s something that’s built ‘in’ you, and you’ll work for it. and that’s how I define passion.

Di tahun 2010, saya memulai studi dan menfokuskan penelitian di bidang AI.  Semoga kelak ide-ide sederhana yang tertuang dalam  tulisan dari hasil penelitian tersebut  bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Dalam beberapa postingan kedepan saya ingin berbagi pengalaman saat mengikuti konferensi  IEEE WCCI 2012 d Brisbane. Sebagai seorang pemula di bidang AI, saya merasa pengalaman mengikuti event ini memberi segudang ilmu yang sangat berharga.  It has been a life changing experience for me and hopefully  for others .  Semoga pengalaman singkat ini bisa menjadi forum berbagi yang bermanfaat. 🙂

Salam,

Medria

Dealing with things that you’re truly passionate about wont make you tired after all. It’s not that you’ve to work under pressure, but it’s something that’s built ‘in’ you, and you’ll work for it. and that’s how I define passion. 

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: