Wordcamp 2010 : The Journey (Chapter-3)

“Welcome to the Club”

8.20 AM

Saat tengah duduk di lantai ruang untuk sarapan,  Saad menemukan seorang anak yang  tampak terdampar di kampusnya sendiri. Ia duduk persis disebelahnya. Here’ s our first impression : Pendiam dan penyendiri.  “Saya Saad, nama Anda siapa?” aku tidak ingat persis bagaimana ia menyapa orang yang nantinya bakal menjadi sahabat baru kami di Wordcamp 2010 ini. Tapi begitulah intinya kira-kira. Ia menjawab “Saya Amin, Ahmad Aminudin dari Gunadarma”. Aku pun ikut memperkenalkan diri. Tidak sulit mengingat namanya, tiap kali lupa dengan namanya aku selalu ingat bahwa nama panggilannya identik dengan penghujung sebuah doa yang berarti “Kabulkanlah”. 😀 Benar kata Saad awalnya kami mengira Amin adalah orang yang pemalu dan pendiam. Tapi belakangan kami tahu bahwa ia adalah seorang menganut paham kenarsisan yang membuat kami geleng-geleng kepala menyaksikan tingkah lakunya. “Iya saya  ada ujian nih, bentar lagi tapi mau ikutan Wordcamp, abis gratis sih, diundang.” Dari kata “diundang” pun aku langsung tahu bahwa ia bukan orang biasa. Pasti sejenis maniak blog yang tidak jauh dari orang-orang yang berdiri disekitar kami. Dan percakapan demi percakapan bersama teman baru itu pun mengalir.  “Udah belajar Min?” tiba-tiba Saad menyapa  teman baru kami ini. “Belum, materinya aj ga tau” jawabnya tenang. Kacau pikirku. Ujian tapi materi yang akan diujikan saja ia tidak tahu. Hehe. Dari sini kami sedikit demi sedikit mulai menguak tingkah laku gilanya. :D.

Salah satu percakapan yang paling membuatku menahan tawa adalah saat Amin menceritakan tentang asal usulnya, “Med asal gw tuh dari kampung terus dikampung tuh ada kampung lagi, terus masuk lagi ke kampung  terus ada Hutan, nah disitu rumah gw, gw orang Sunda” ia menjelaskan.  “Kalau loe orang Sunda coba buktiin tuh ngobrol ma Saad, dia orang sunda tulen”jawabku. Saad memang ahli bahasa Sunda pikirku. Bagaimana tidak di menu Facebook-nya saja ia menambahkan fitur “How Sunda Are You” sejajar dengan tab info, wall dan photos.  Jika berhasil menjawab pertanyaan di kuiz itu dengan peluang kebenaran yang tinggi maka akan muncul gambar kabayan bertuliskan “Urang Sunda Asli”.:D  “Hayo, mau ngadu ngomong sunda apa loe ma gw?”Tantang Amin kepada Saad. Kalau melihat keduanya aku bagai melihat debat antara karakter Saka di film Avatar the last Airbender dengan karakter komik Conan. Karakter yang satu heboh luar biasa dan karakter yang satu lagi pendiam, sopan, dan merupakan tipe pemikir. “Gw dari daerah Cianjur,  loe asalnya dari Sunda daerah mana?” tanya Saad. “Pokonya Hayo ngadu ma gw, mau ga?” ia tetap menantang. Aku tahu Saad memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi jika ditantang dengan bahasa ini. Bagaimana tidak aku rasa semua kosakata yang aku hafal mati-matian saat SD dulu sepertinya sudah ia hafal di luar kepala. Aku berharap memiliki kemampuan bahasa sunda sepertinya saat mengikuti ujian sekolah dulu. Jadi teringat masa-masa dimana aku tidak pernah mendapat nilai bagus dalam ujian bahasa ini. Jika ada pelajaran mengarang sunda,  semua huruf vocal aku ubah menjadi “ a” dan “eu” Hehe. Maklum kedua orang tuaku berasal dari Jawa Tengah tapi aku besar di Bogor. Meskip itu pun tidak menjamin aku bisa berbicara Jawa dan Sunda hehe.:D “Okeh, ayo pa kasar-kasar ngomong Sunda ma gw!” tantang Amin. Muka Saad langsung terlihat kaku. Jelas saja ia tidak akan mampu berbicara kasar karena Cianjur adalah daerah yang menerapkan bahasa Sunda yang sangat halus. Dan disitulah kami bertiga tertawa, sebuah awal persahabatan yang unik. Tiga orang dengan karakter berbeda-beda bertemu di Wordcamp 2010!

You don’t have to stay the same with your best friend, all you have to do is having  a good understanding on each other and it’s all more than enough…So welcome to the Club Amin, nice to have a friend like you  :D.


***


Next Chapter : Chapter 4 We’re Not Alone


Advertisements
  1. June 11th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: