Wordcamp 2010 : The Journey (Chapter-2)

“Come in, we’ll get you breakfast and coffee”

07.30 AM

Pandu sudah naik terlebih dahulu ke ruang auditorium sebelum acara dimulai. Wajar sebab ia ditugaskan oleh kantornya untuk mejadi salah satu panitia event Wordcamp 2010 yang bekerja di bagian public relation.  Aku duduk di bagian pintu masuk gedung itu untuk menunggu kedatangan Saad yang terpisahkan saat kami turun dari stasiun Pondok Cina. Akhirnya ia datang beberapa menit kemudian. Aku masih menahan tawa. Kami berangkat bertiga, berdiri sejajar, mengobrol, dan sampai ke tempat tujuan dengan lokasi yang berbeda. Hehe.Lucu sekali.  Tidak lama setelah itu kami mencari lokasi tempat acara itu diselenggarakan. Cukup sulit menemukannya, tidak ada spanduk atau banner yang terpangpang di lantai dasar gedung itu. Sebuah masukan untuk Wordcamp 2011 :D. Untunglah setelah memasuki lift kami bertemu dengan peserta wordcamp yang lain. Setelah sampai di lantai 6, kami melakukan registrasi awal. Seperti yang sudah aku duga sebelumnya aku tercatat sebagai peserta yang belum membayar. I’ve prepared for this. Ayah selalu mengajarkanku untuk mempersiapkan segalanya sebelum pergi ke suatu acara. Termasuk membawa print bukti pembayaran dan notification email dari mereka bahwa aku sudah membayar.  Aku mendaftar dengan rekening ibuku dan karena atas nama rekening dan pendaftar berbeda nama  maka aku tercatat sebagai peserta yang belum melakukan pembayaran. Mereka memintaku untuk menunjukkan bukti pembayaran lewat ATM dan aku dipersilakan masuk. Untuk bagian yang satu ini aku pantas mengacungkan jempol  kepada para panitia registrasi karena kinerja panitia ini cepat dan ramah. Good work committee :D.

Kami mendapatkan ID name yang ditulis menggunakan spidol merah dan kertas. Mengenai masalah ID tag yang alakadarnya ini panita Wordcamp sendiri sudah meminta maaf kepada peserta dan aku memakluminya. Well, anyway, It’s not a big problem for me. 😀 hehe. Kami juga mendapatkan kaos acara  berukuran Super Large alias XL karena kami telat mendaftar. Sebagai orang yang sudah beruntung karena masih memiliki kesempatan untuk hadir di acara itu aku tentu tidak pantas untuk mengeluh, bukan?:D  Dan kami pun  mengikuti acara pertama sebagai pembuka.  “Come in, we’ll get you breakfast and coffee” sebuah kalimat tertulis jelas di daftar awal susunan acara. Yap, sarapan pas sekali untuk perut kami yang keroncongan :D. Kami memasuk ruangan itu. Mewah pikirku. Pelayanan khas hotel bintang 5. Aku masuk persis seperti anak desa yang baru melihat kota. Ndeso. Masih untung pikirku karena makanan yang disajikan merupakan kombinasi barat dan timur. Satu hal yang membuatku sedikit rendah diri adalah aura di dalam ruangan itu. Hampir semua  orang bertukar kartu nama dan membicarakan tentang berkembangan WordPress serta fitur-fitur baru yang ada. Sedangkan aku dan Saad bahkan tidak memiliki kartu nama! Kami berangkat dengan modal mendaftar di detik-detik terakhir dan tidak mempersiapkan apapun. Semua orang berdiri kecuali Kami. Kami duduk ditengah-tengah kerumunan dan makan alakadarnya. Malu? Memang. tapi tidak apa-apa. Toh sehabis itu banyak orang yang mengikuti kami dan duduk di lantai untuk makan. 😀 Hehe. Di sela-sela menyantap sandwich aku melihat Pandu sibuk membagi-bagikan kartu nama dan berbicara bahasa inggris dengan para peserta  yang datang dari Luar Indonesia. Wajah-wajah mereka mencirikan bahwa mereka adalah para developer web handal.  Hebat! pikirku. Pandu is so humble and easy going. Mudah berkenalan dengan orang baru and no wonder he is chosen and delegated as a member of Public Relation team in this event. Sama sepertiku Saad juga terkagum-kagum melihat kemampuan berbicara Pandu dengan orang baru. “Hebat ya Med” ujarnya. Aku tidak sepenuhnya heran. Dari dulu sahabatku ini memang sangat inovatif dan pandai bergaul. Karena kemampuannya yang bisa berbicara terus-terusan tanpa henti aku merekrutnya menjadi vocalist di band SMAku. Lumayan daripada bikin ribut kelas pikirku haha :D.

Aku mungkin orang yang paling nekad di acara itu. Bagaimana tidak, dengan modal baru membuat blog di WordPress selama 2 minggu aku tidak gentar ikut acara akbar yang diselenggarakan secara annual bagi pecinta WordPress di dunia ini.  Biarlah pikirku,   untuk maju aku tidak pernah segan untuk berada di komunitas yang berisi orang-orang hebat. Pengalaman sekaligus pacuan motivasi agar kita nantinya bisa berkontribusi lebih untuk orang lain :D…

Next Chapter  : Chapter 3- Welcome to The Club

Advertisements
  1. jadi laper euy…=9

    • iya ya Ad, waktu itu kita makannya kurang banyak, jadi pengen nambah lumpianya satu hehe

    • fahmi.yasha
    • April 9th, 2010

    itu kayaknya baju pasnya buat aku med..^^V

    • iya yak mi, tapi udah dikecilin sekarang kaosnya di tukang jahit hehe….^^, coba fahmi ikut waktu itu pasti seruuuu….

  1. June 11th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: